Blue Fire Pointer

Saturday, January 26, 2019

Prinsip UI Design pada Website Shopee


Kelompok 1.
Muh.Irfan Hs                / 6701180061
Paulus Raul Gonzalez / 6701184117
Ghalmas Shanditya     / 6701181051
  1. Accessibility
    • Positif  :
      • Wesbsite ini dapat digunakan untuk setiap user, dengan tampilannya yg sedernaha membuat user lebih mudah menggunakan websitenya tanpa kebingungan..
      • Pada menu login, tampilannya minimalist dan gampang dimengerti oleh tiap user.. Di bagian sebelah kanan ada button Register yg dapat diakses untuk membuat akun baru..
    • Negatif :
      • Pada Pop-up login, ada sebuah ruang yg kosong dan membuat rasanya jadi hampa..
      • Website ini tidak dapat digunakan untuk orang-orang yg cacat, karena setiap menunya harus di klik dan tidak dapat menggunakan voice command..

  2. Aesthetically Pleasing
    • Positif :
      • Website ini pada tampilan depannya dominan warna orange, tiap icon-iconnya pun juga berwarna orange, dan templatenya yg flat minimalist.
      • Pada Pop-up login, textbox dan buttonnya berbentuk minimalist.
  3. Availability
    • Positif :
      • Pada tampilan depan diperlihatkan icon dan juga menu-menu yg terpopuler maupun yg biasa saja..
      • Ketika sedang memilih sebuah barang, tetap ada menu dan search pada bagian atas..

  4. Clarity
    • Positif :
      • Pada tampilan depan ditampilkan gambar seperti apa barang yg dijual beserta harganya dan diskonnya..
      • Ketika membuka sebuah barang, ada gambar lebih banyak untuk barangnya yg membuat user lebih yakin terhadap barang yg ingin di lihat
  5. Compatibility
    • Positif :
      • Pada tampilan depan, user dapat melihat barang yg sedang diskon pada hari tersebut..
    • Negatif :
      • Pada tampilan depan, terlalu banyak menu.. Jadi, dapat memungkinkan pengguna yg kebingungan apa yang mereka butuhkan.
  6. Configurability
    • Positif :
      • User dapat men-Filter pilihan yg user inginkan, dari kategori barang sampai harganya..
  7. Consistency
    • Website ini bersifat  konsisten. Semisalnya ingin mengklik tombol’Beli Sekarang’maka selanjutnya website tersebut akan menampilkan data periksa  checkout.
  8. Control
    • Positif :
      • Pada pop-up login sudah menerapkan pirnsip ini karena apabila terjadi kesalahan, website ini memberikan interupsi dengan jelas dan menggunkan bahasa yang ramah
  9. Directness
    • Positif
      • Pada pop-up login sudah menerapkan prinsip ini karena apabila user melakukan kesalahan sudah disediakan tindakan alternatif yang dapat dilakukan oleh user
  10. Efficiency
    • Positif :
      • Pada menu login sudah efisien karena sudah meminimalkan gerakan mata dan tangan pengguna dengan cara menampilkan pop-up login secara khusus.
      • Website ini sudah menerapkan prinsip Efficiency karena pada tampilan awal disisi palng atas website, pengguna akan langsung disuguhkan dengan toolbar pencarian.
  11. Familiarity
    • Positif :
      • Pada tampilan website ini menu-menunya sangat mudah dikenali sehingga tidak ada keliruan saat ingin menggunakannya.
  12. Flexibility
    •  Positif :
      • Pada halaman pertama shoope terdapat kejelasan saat memilih kategori yang diinginkan.
  13. Forgiveness
    • Positif
      • Pada website ini sudah menerapkan prinsip ini karena apabila user tidak sengaja melakukan kesalahan maka website akan memberikan peringatan terlebih dahulu
      • Beberapa opsi tetap dapat diubah meskipun telah ditetapkan, hal ini sangat berguna apabila user berubah pikiran.
  14. Immersion
    • Pada website ini kami belum bisa merasakan bahwa prinsip Immerson telah diterapkan, karena kami tidak dapat menemukan sesuatu yang membuat website ini berkesan
  15. Obviousness
    • Pada website ini icon - icon yang digunakan mudah diidentifikasi dan juga sudah merujuk ke fungsinya masing - masing
  16. Operability
    • Postif :
      • Website ini dapat digunakan untuk setiap user walaupun baru menggunakannya..
  17. Perceptibility
    • Website ini sudah menerapkan prinsip ini, karena pada halaman utama & ketika membeli sebuah barang.. Menggunakan sebuah Icon untuk membuat halaman tidak terlalu banyak dipenuhi oleh kata-kata melainkan Gambar yg dapat di mengerti oleh User..
  18. Predictability
    • Pada website ini sudah menerapkan prinsip ini pada tahap transaksi ( pembayaran ) karena sebelum melakukan eksekusi terhadap opsi yang dipilh user, website akan memberikan prediksi guna meyakinkan user
  19. Recovery
    • Ketika kita sudah memasukkan sebuah barang kedalam cart, namun Browser tekeluar.. Website ini tetap menyimpan barang apa yg sudah dimasukkan ke dalam cart, jdi user dapat melanjutkan apa yang di inginkan.
  20. Responsiveness
    • Respon pada website ini sangat cepat walaupun banyak content yang ditampilkan, tetapi tidak ada delay ketika ingin melihat barang yg lainnya..
  21. Safety
    • Positif :
      • Website ini dalam keamanan untuk membeli barang secara online sangat terjamin,karena jika kita membeli barang dan jika kita sudah melakukan pembayaran namun tiba-tiba ingin membatalkan pesanan maka dari pihak shoope akan merefund uang kita.
    • Negatif :
      • Pada saat merefund uang membutuhkan waktu selama 3 hari.
  22. Simplicity
    • Positif :
      • Tampilan pada saat kita ingin memesan barang sangat simple.
    • Negatif :
      • Pada website ini terlalu banyak menampilkan gambar prodak-produk sehingga memenuhi halaman pertama pada shoope.
  23. Transparency
    • Positif :
      • Tidak ada iklan yang mengganggu pada tampilan shoope.
      • Pengguna tidak dapat melihat Codingan yang ada pada websitenya, jadi tidak terganggu ketika sedang beraktifitas..
  24. Trade-offs
    • Website ini memiliki feature bantuan, untuk menerima sebuah feedback dari setiap user.. Supaya tau keinginan user seperti apa
  25. Visibility
    • Pada website ini sudah memiliki prinsip Visibility karena pada website ini sudah dikategorikan berdasarakan jenisnya sehingga user bisa lebih fokus kepada jenis barang yang telah dipilih.

No comments:

Post a Comment